News

DPR: Pemerintah harus sanksi Lion Air

REPORTED BY: Insan Praditya

DPR: Pemerintah harus sanksi Lion Air Ilustrasi Lion Air jatuh

Anggota Komisi V DPR RI, Bambang Haryo Soekartono menyarankan pemerintah untuk menjatuhkan sanksi kepada maskapai Lion Air atas tragedi jatuhnya pesawat tersebut di Tanjung Karawang, Jawa Barat.

“Tentu harus menentukan satu sanksi atau tindakan yang dilakukan oleh Pak Mentri untuk Lion Air,” ujar Bambang saat dihubungi Rima News di Jakarta, Jumat (09/11/208).

Selain itu Bambang mempertanyakan sikap kementrian perhubungan sesuai dengan UU No 1 tahun 2009 tentang penerbangan. Menurutnya mentri harus bertanggung jawab dalam persoalan ini.

“Mungkin yang bertanggung jawab sepenuhnya adalah mentri karena sesuai dengan undang-undang nomor 1 tahun 2009 pasa 308 itu dikatakan bahwa mentri bertanggung jawab sepenuhnya terhadap keselamatan penerbangan,” paparnya.

Lebih lanjut, Dia mengatakan maskapai berlambang singa merah ini dinilai sering mengabaikan faktor kenyamanan dan keselamatan dalam penerbangan, sehingga kejadian tersebut terus berulang.

“Kejadian seperti juga memang pernah terjadi pada Lion Air yang dimana kejadian-kejadian tidak hanya dari sisi keselamatan tapi juga dari sisi kenyaman yang sering diprotes oleh para pelanggannya,” jelasnya.

Kendati demikian, Dia menilai manajemen keselamatan Lion Air sangat lemah, dalam menjaga keselamatan para penumpang yang menggunakan jasanya.

“Kalau menurut saya budaya kesalamatan dari perusahaan ini sangat kurang,” pungkasnya.

Tidak hanya itu, Bambang meminta Komisi Nasional Keselamatan dan Transportasi (KNKT) untuk segera menyelesaikan investigasi atas penemuan Black Box yang sudah ditemukan. Dengan begitu, ia berharap KNKT dapat menyimpulkan penyebab apa saja pada peristiwa tersebut.

“Kecelakaan ini kan kita belum bisa mengetehaui penyebabnya karena apa KNKT juga belum bisa menyimpulkan kesalahan itu mutlak pada Lion Air,” tutupnya.

Takut memulai diving? Pahami dulu 10 hal berikut
BIN rilis 41 masjid terpapar radikalisme, PKS: Jangan bikin gaduh
Kubu Prabowo klaim telur di Malaysia lebih murah dibanding Indonesia
Sisca Dewi gemar tumbalkan ayam cemani, Hanura rawan kena getah
TKN: Presiden perhatian pada kasus hukum Baiq Nuril
Ini penyebab PDIP dilema sikapi pemasang poster Jokowi Raja
Bantah kekayaan RI 1% rakyat, Kubu Jokowi: Prabowo harus segera revisi pernyataannya
Tiga dosa kepala daerah
BPN yakin strategi SBY akan menangkan Prabowo-Sandi
Kubu Prabowo minta Jokowi tak menutup mata
Dukung Baiq Nuril, Jokowi sarankan ajukan grasi
Romahurmuziy sebut kubu Humphrey dukung Prabowo sebagai dagelan
ANKER keluarkan power bank mungil dengan pengisian cepat
Polisi dalami mayat wartawan dibuang dalam drum
Demokrat: PDIP terkorup, elektabilitas makin tinggi
Fetching news ...