PAN setuju dana saksi pemilu dibiayai negara

REPORTED BY: Insan Praditya

PAN setuju dana saksi pemilu dibiayai negara Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyetujui dana saksi pemilu 2019 dibiayai oleh negara atau masuk dalam APBN 2019 bukan didanai oleh partai politik. Sebab, menurutnya tak semua partai politik memiliki dana yang cukup.

"Saya setuju 100 persen, karena gini. Kita kan parpol tidak boleh cari uang," kata Zulhas saat ditemui wartawan di kompleks parlemen, Kamis (18/10/2018).

Ketua MPR RI ini juga menilai dana saksi pemilu seharusnya dibiayai oleh negara supaya pemilu kedepannya adil, jujur dan transparan.

"Saya kira itu harus dibiayai oleh negara kan jelas ada orangnya ada saksinya agar pemilu kita itu berkualitas pemilu yang adil jujur transparan terbuka kan enak," ujarnya.

Zulhas mengatakan sebagai ketua umum partai PAN, ia setuju dana saksi pemilu di kelola oleh Bawaslu. Ia merasa khawatir jika setiap parpol peserta pemilu mencari dana politik sendiri, maka tidak sedikit politisi yang ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Nggak apa-apa, masing-masing parpol ajukan satu saksikan, oleh Bawaslu uangnya disitu Nggak apa-apa, nggak usah diserahkan ke partai setuju tapi dibiayai negara. Prinsip nya judulnya itu saksi dari parpol satu itu dibiayai oleh negara jangan partai suruh nyari uang sendiri karena ga boleh kan, nggak boleh nyari uang, nggak boleh nyari uang tidak dibiayai nanti ada yang ketangkep ada yang enggak," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali bersama anggota komisi II mengusulkan dana saksi Pemilu 2019 dibiayai sepenuhnya oleh APBN bukan didanai oleh partai politik.

Zainuddin menjelaskan alasan komisi II mengusulkan hal tersebut. Ia mengatakan alasan dana saksi dibiayai oleh negara, pertama  seluruh fraksi di komisi II sepakat dana saksi dibiayai sepenuhnya oleh negara supaya tercipta keadilan dan kesejahteraan karena tak semua partai memiliki dana.

"Supaya terjadi keadilan, kesetaraan, semua partai bisa menugaskan saksinya di TPS (Tempat Pemungutan Suara)," kata Amali beberapa waktu yang lalu.

Kedua, menurutnya dana saksi tersebut untuk menghindari para calon legislatif untuk membiayai dana saksi partainya. Ia mengatakan dana saksi yang diusulkan tidak akan memberatkan APBN 2019. Usulan dana saksi tersebut sudah disetujui oleh 10 fraksi DPR ke Badan Anggaran (Banggar) DPR.

Takut memulai diving? Pahami dulu 10 hal berikut
BIN rilis 41 masjid terpapar radikalisme, PKS: Jangan bikin gaduh
Kubu Prabowo klaim telur di Malaysia lebih murah dibanding Indonesia
Sisca Dewi gemar tumbalkan ayam cemani, Hanura rawan kena getah
TKN: Presiden perhatian pada kasus hukum Baiq Nuril
Ini penyebab PDIP dilema sikapi pemasang poster Jokowi Raja
Bantah kekayaan RI 1% rakyat, Kubu Jokowi: Prabowo harus segera revisi pernyataannya
Tiga dosa kepala daerah
BPN yakin strategi SBY akan menangkan Prabowo-Sandi
Kubu Prabowo minta Jokowi tak menutup mata
Dukung Baiq Nuril, Jokowi sarankan ajukan grasi
Romahurmuziy sebut kubu Humphrey dukung Prabowo sebagai dagelan
ANKER keluarkan power bank mungil dengan pengisian cepat
Polisi dalami mayat wartawan dibuang dalam drum
Demokrat: PDIP terkorup, elektabilitas makin tinggi
Fetching news ...